RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Nama Sekolah : SMPN 41 Kota Bekasi
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII / Ganjil
Materi Pokok : Unsur-unsur pembangun cerita fantasi
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Pertemuan : Pertama
Alokasi Waktu : 2 JP (1x pertemuan)
Kompetensi Dasar :
3.3 Mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi)yang dibaca dan didengar.
4.3 Menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yang didengar dan dibaca.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari video pembelajaran yang diberikan, peserta didik diharapkan mampu:
1. Memahami definisi/pengertian cerita fantasi dengan benar.
2. Mengidentifikasi karakteristik/ciri umum cerita fantasi dengan baik.
3. Menentukan jenis cerita fantasi yang dibaca dan didengar dengan tepat.
4. Menjelaskan unsur intrinsik cerita fantasi yang dibaca dan didengar dengan tepat.
B. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
METODE & MODEL
- Daring melalui Google Classroom
- Model 6 S
- Tanya jawab
SUMBER BELAJAR :
1. Buku Guru Bahasa Indonesia kelas VII, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017.
2. Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas VII, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017
3. Buku teks pelajaran yang relevan.
4. Materi di PPT
MEDIA PEMBELAJARAN:
1. Android Phone/Laptop
2. Google Form
3. Video Youtube
4. Powerpoint video
A. PENDAHULUAN
SEMANGATI
1. Guru mengucapkan salam, menyapa peserta didik, menanyakan kabar dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
2. Guru menyampaikan motivasi agar tetap semangat mengikuti pembelajaran jarak jauh dan mengingatkan untuk tetap patuh mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.
3. Guru bersama peserta didik berdoa sebelum memulai pembelajaran.
4. Guru memberikan semangat dengan mengajak peserta didik untuk mengikuti yel-yel yang diberikan.
5. Peserta didik mengisi daftar hadir dengan mengisi tautan Google Form yang dibagikan guru di Google Classroom.
6. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada materi tersebut.
B. KEGIATAN INTI
SAMPAIKAN
1. Guru membacakan pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik yang belum paham terkait dengan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru meminta siswa untuk tetap menyimak pembelajaran sampai akhir.
3. Guru memberikan cuplikan video dari beberapa potongan film yang bertemakan fantasi.
4. Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa video yang ditontonnya berkaitan dengan materi yang akan diajarkan pada pertemuan ini yaitu tentang unsur-unsur pembangun cerita fantasi.
5. Guru menjelaskan pengertian cerita fantasi,karakteristik/ciri umum, jenis cerita fantasi, dan unsur intrinsik.
6. Guru mengarahkan peserta didik untuk mencatat informasi yang disampaikan.
SEMAIKAN
Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa setelah mempelajari materi unsur pembangun cerita fantasi, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari untuk menemukan unsur-unsur intrinsik dalam suatu karya sastra.
SELARASKAN
Guru menyajikan contoh teks yang termasuk ke dalam cerita fantasi dan memberikan contoh dalam menentukan unsur intrinsik pada cerita tersebut.
SERAPKAN
Guru memberikan tugas berupa LKPD untuk mengidentifikasi unsur intrinsik pada teks cerita fantasi yang berjudul “Berlian Tiga Warna.”
C. PENUTUP
SIMPLIKASIKAN
1. Guru menyampaikan kesimpulan terhadap materi yang sudah disampaikan.
2. Guru memberikan motivasi, pesan, dan menutup pembelajaran.
3. Guru memberi salam
C. Penilaian
1. Penilaian Sikap : Keaktifan peserta didik dalam mengikuti materi.
2. Penilaian Pengetahuan : Penilaian Online melalui Google Form tentang unsur-unsur pembangun cerita fantasi
3. Penilaian Keterampilan : Mengerjakan LKPD
Mengetahui Bekasi, September 2020
Kepala SMP Negeri 41 Kota Bekasi, Guru Mata Pelajaran,
Munajam,S.Pd,M.Pd Lidya Sofiani,S.Pd
NIP. 19680321 199702 1 002 NIP. -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar