RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Nama Sekolah :
SMPN 41 Kota Bekasi
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok :
Teks Berita
Tahun Pelajaran :
2020/2021
Pertemuan :
Pertama
Alokasi Waktu : 2 JP (1x pertemuan)
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi
unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca atau ditonton. |
4.1 Menyimpulkan isi dari
berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca atau ditonton. |
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah
mempelajari video pembelajaran yang diberikan, peserta didik diharapkan mampu:
1.
Memahami pengertian teks berita dengan benar.
2.
Memahami ciri-ciri teks berita dengan baik.
3.
Menentukan unsur-unsur teks berita yang dibaca dengan
tepat.
B.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran |
|
METODE & MODEL -
Daring melalui Google Classroom - Model 6 S - Tanya jawab SUMBER BELAJAR : 1. Buku Guru Bahasa
Indonesia kelas VIII, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017. 2. Buku Siswa Bahasa
Indonesia kelas VIII, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017 3. Buku teks
pelajaran yang relevan. 4. Materi di PPT MEDIA PEMBELAJARAN: 1. Android
Phone/Laptop 2. Google Form 3. Video Youtube |
A. PENDAHULUAN SEMANGATI 1.
Guru mengucapkan salam dan menanyakan
kabar peserta didik. 2.
Guru bersama peserta didik berdoa
sebelum memulai pembelajaran. 3.
Guru menanyakan kesiapan peserta
didik dalam mengikuti pembelajaran. 4.
Peserta didik mengisi daftar
hadir dengan mengisi tautan Google Form yang dibagikan guru di Google Classroom. 5.
Guru memberikan semangat dengan
mengajak peserta didik untuk mengikuti yel-yel yang diberikan. 6.
Guru membacakan
pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik yang yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. 7.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai pada materi tersebut. 8.
Guru menyampaikan motivasi agar tetap
semangat mengikuti pembelajaran jarak jauh dan mengingatkan untuk tetap patuh
mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. B. KEGIATAN INTI SAMPAIKAN 1. Guru memberikan cuplikan berita. 2. Guru menyampaikan motivasi /pesan dari video tersebut agar tetap semangat mengikuti pembelajaran jarak jauh dan mengingatkan untuk mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi covid-19. 3. Guru meminta siswa untuk tetap menyimak pembelajaran sampai akhir. 4. Guru menjelaskan pengertian, ciri-ciri, dan unsur- unsur dalam teks berita. 5. Guru mengarahkan peserta didik untuk mencatat materi yang akan diberikan. SEMAIKAN Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa setelah
mempelajari materi teks berita, diharapkan dapat menemukan informasi
inti dari berita yang didengar dan dibaca atau ditonton serta peserta didik
dapat membandingkan berita yang baik dan benar sesuai dengan ciri-ciri
berita. SELARASKAN Guru menyajikan teks berita dari media Kompas dan memberikan
contoh cara menentukan unsur ADIKSIMBA dari teks berita tersebut. SERAPKAN Guru memberikan tugas berupa LKPD untuk mencari berita yang
aktual bisa bersumber dari media cetak atau media elektronik, kemudian
tentukan unsur ADIKSIMBA dari berita tersebut. SIMPLIKASIKAN 1. Guru menyampaikan kesimpulan terhadap materi yang sudah disampaikan. 2. Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami. 3. Guru menutup pembelajaran dan memberi salam. |
1.
Penilaian Sikap :
Keaktifan peserta didik dalam mengikuti materi dan
tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
2.
Penilaian Pengetahuan :
Penilaian Online melalui Google Form tentang unsur-
unsur teks
berita yang didengar dan dibaca
atau
ditonton.
3.
Penilaian Keterampilan :
Mengerjakan LKPD
Mengetahui Bekasi, Juli 2020
Kepala SMP Negeri 41 Kota Bekasi, Guru Mata Pelajaran,
Munajam,S.Pd,M.Pd Hesti Rizdayanti,S.Pd
NIP.
19680321 199702 1 002 NIP.
-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar