Sabtu, 17 Oktober 2020

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH

 

Nama Sekolah              : SMPN 41 Kota Bekasi

Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : VIII / Ganjil

Materi Pokok                : Teks Berita

Tahun Pelajaran            : 2020/2021

Pertemuan                    : Pertama

Alokasi Waktu               : 2 JP (1x pertemuan)

 

Kompetensi Dasar :

 

3.1  Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca atau ditonton.

 

 

4.1  Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca atau ditonton.

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari video pembelajaran yang diberikan, peserta didik diharapkan mampu:

1.     Memahami pengertian teks berita dengan benar.

2.     Memahami ciri-ciri teks berita dengan baik.

3.     Menentukan unsur-unsur teks berita yang dibaca dengan tepat.

 

B.    Langkah-langkah Pembelajaran

 

                                                      Kegiatan Pembelajaran

METODE & MODEL

             -       Daring melalui Google

      Classroom

-                  Model 6 S

-                         Tanya jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER BELAJAR :

1. Buku Guru Bahasa Indonesia kelas VIII, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017.

2. Buku Siswa Bahasa Indonesia kelas VIII, Jakarta:Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2017

3. Buku teks pelajaran yang relevan.

4. Materi di PPT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

MEDIA PEMBELAJARAN:

1. Android Phone/Laptop

2. Google Form

3. Video Youtube
4. Powerpoint video

 

A.    PENDAHULUAN

SEMANGATI

      1.     Guru mengucapkan salam dan menanyakan kabar          peserta didik.

      2.     Guru bersama peserta didik berdoa sebelum                   memulai pembelajaran.

      3.     Guru menanyakan kesiapan peserta didik dalam            mengikuti pembelajaran.

      4.     Peserta didik mengisi daftar hadir dengan mengisi          tautan Google Form yang dibagikan guru di Google       Classroom.

     5.     Guru memberikan semangat dengan mengajak               peserta didik untuk mengikuti yel-yel yang                       diberikan.

     6.     Guru membacakan pertanyaan-pertanyaan dari               peserta didik yang yang ada keterkaitannya dengan       pelajaran yang akan dilakukan.

     7.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang               ingin   dicapai pada materi tersebut.

     8.     Guru menyampaikan motivasi agar tetap semangat         mengikuti pembelajaran jarak jauh dan                           mengingatkan untuk tetap patuh mengikuti protokol         kesehatan di masa pandemi covid-19.

 

     B.    KEGIATAN INTI

SAMPAIKAN

1.     Guru memberikan cuplikan berita.

2.     Guru menyampaikan motivasi /pesan dari video              tersebut agar tetap semangat mengikuti                          pembelajaran jarak jauh dan mengingatkan untuk          mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi              covid-19.

3.     Guru meminta siswa untuk tetap menyimak                    pembelajaran sampai akhir.

4.     Guru menjelaskan pengertian, ciri-ciri, dan unsur-           unsur dalam teks berita.

5.     Guru mengarahkan peserta didik untuk mencatat            materi yang akan diberikan.

SEMAIKAN

Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa setelah mempelajari materi teks berita, diharapkan dapat menemukan informasi inti dari berita yang didengar dan dibaca atau ditonton serta peserta didik dapat membandingkan berita yang baik dan benar sesuai dengan ciri-ciri berita.

SELARASKAN

Guru menyajikan teks berita dari media Kompas

dan memberikan contoh cara menentukan unsur ADIKSIMBA dari teks berita tersebut.

SERAPKAN

Guru memberikan tugas berupa LKPD untuk

mencari berita yang aktual bisa bersumber dari media cetak atau media elektronik, kemudian tentukan unsur ADIKSIMBA dari berita tersebut.

 C.    PENUTUP

SIMPLIKASIKAN

1.     Guru menyampaikan kesimpulan terhadap materi           yang sudah disampaikan.

2.     Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan         kembali hal-hal yang belum dipahami.

3.     Guru menutup pembelajaran dan memberi salam.

 C. Penilaian

1.     Penilaian Sikap             : Keaktifan peserta didik dalam mengikuti materi dan  

                                         tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

2.     Penilaian Pengetahuan  : Penilaian Online melalui Google Form tentang unsur-

                                         unsur teks berita yang didengar dan dibaca atau  

                                         ditonton.

3.     Penilaian Keterampilan  : Mengerjakan LKPD

 

 

 

Mengetahui                                                                                                   Bekasi,   Juli 2020

Kepala SMP Negeri 41 Kota Bekasi,                                                            Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Munajam,S.Pd,M.Pd                                                                                  Hesti Rizdayanti,S.Pd

NIP. 19680321 199702 1 002                                                                      NIP. -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerimaan Piagam Penghargaan Wali Kota Bekasi

1. Penghargaan yang diraih Tim MGMP Bahasa Indonesia SMPN 41 Bekasi 2. Bersama penerima juara RPP TIKOM SABAR 3. Juara Harapan II RPP TI...